Kamis, 20 Januari 2011

Cara Mengemudi Mobil Yang Baik dan Benar

enis Latihan 


  1. Penjelasan instruktur mengenai pokok-pokok yang harus diketahui oleh seorang pengemudi   - Perkenalan instrumen mobil dan cara penggunaany
  2. Penguasaan Teknik Kendaraan   a) Start   b) Oper gigi   c) Berhenti   d) Belok kiri / kanan 
  3. Memberhentikan mobil secara mendadak atas perintah instruktur tanpa ada kekeliruan / mesin mati 
  4. menghadapi problem lalu lintas:   
  • Berjalan dengan sempurna di jalan raya, cara-cara berbelok ke kanan / ke kiri dengan cara melewati persimpanga  
  • Tetap berjalan di belakang kendaraan yang sedang berjalan lambat 
  • Mengejar dan melewati kendaraan lain dengan cara yang benar   
  • Waktu Latihan di jalan umum harus mentaati dan memperhatikan segala peraturan lalu lintas 
  • Latihan ketrampilan ( di lakukan di lapangan)   
  • Jalan mundur lurus sejauh 50 meter  
  • Memutar kendaraan di tempat yang terbatas (diantara 2 bh mobil) 
  • Latihan Ujian  
  • Parkir kiri kanan   
  • Mundur lurus 50 meter   
  • Parkir paralel   
  • Tanjakan, maju/mundur                        

Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian) Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol   1) Pasang tali / sabuk pengaman   2) Putar kunci untuk menghidupkan mesin   3) Hidupkan AC   4) Turunkan Rem Tangan   5) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1   6) Angkat kopling pelan2   7) sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak Memundurkan mobil       ------>>>   1) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R   2) Angkat kopling pelan2     Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur     Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan � kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati) Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)   1) Injak kopling habis   2) Angkat gas   3) Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki   4) Angkat kopling pelan2   5) Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya   6) Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja Jika melalui polisi tidur   1) Angkat gas, tempel pedal rem   2) Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1   3) Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai � kopling     atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya   4) jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur   5) Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2 Menambah/mengurangi gigi   1) Injak kopling habis   2) Angkat gas   3) Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki   3) Tempel gas   4) Angkat kaki dari kopling pelan2 Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat   1) Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti   2) Injak kopling habis   3) Pindahkan gigi ke gigi 0   4) Angkat rem tangan Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem   1) Injak kopling habis   2) Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)   3) Pindahkan gigi ke gigi 1   3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap     atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya   1) Injak kopling habis   2) Tempelkan kaki di rem   3) Pindahkan gigi ke gigi 1   3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap   4) atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya   5) Tempel kaki di gas     Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)     Jalankan mobil merayap:  Angkat kopling sekuku     Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap

1 komentar:

  1. tanks mas bro untuk infonya,semoga bermanfaat."karbon aktif"

    BalasHapus